5 Tips Atur Keuangan Saat Pertama Ke Luar Negeri- dogfirefly

Pernah punya rencana ke luar negeri? Untuk liburan, bisnis atau masih banyak lagi? Pasti banyak pertimbangan supaya rencana anda bepergian ke luar negeri bisa lancar. Apalagi untuk anda yang belum sama sekali pernah ke luar negeri.

Salah satu faktor yang dipertimbangkan adalah faktor keuangan. Jangan sampai budget kita terbuang sia - sia hanya karena kurangnya perencanaan keuangan. Berikut ini, dogfirefly akan memberikan 5 tips atur keuangan yang aman saat pertama ke luar negeri : 

1. Atur Penggunaan Uang Tunai

Selalu penting untuk memiliki uang tunai di kantong atau dompet saat sedang bepergian. Namun jumlah uang tunai tersebut juga harus dibatasi. Selain agar lebih hemat, pembatasan ini juga berguna jika sewaktu-waktu anda dicopet atau kehilangan dompet. Lengkapilah jumlah mata uang tunai, mulai dari receh hingga uang nominal besar.

Agar lebih aman, uang tunai tersebut juga bisa dipisah ke beberapa kantong baik di dalam tas atau celana, demikian menurut Investopedia. Taruhlah di tempat yang sulit dijangkau. Intinya, jangan sampai orang lain bisa menemukan dengan mudah tempat persembunyian uang anda di tas. 

2. Memiliki kartu debit dan kartu kredit lebih dari satu

Saat ini, tak perlu repot menukar uang jika ke luar negeri. Cukup gunakan kartu debit atau kartu kredit dan kemudian semua keinginan pun bisa terwujud dalam hitungan detik. Supaya lebih tenang, usahakan untuk membawa lebih dari satu kartu aktif. Kartu ini bisa dijadikan cadangan dalam keadaan-keadaan mendadak. 

Namun bukan berarti anda bisa bebas menggunakan kartu-kartu tersebut. Jagalah nafsu anda agar tak terlalu boros. Jangan sampai menyesal jika ternyata semua uang anda ludes dipakai saat liburan.

3. Jagalah dokumen dan nomor telepon penting

Keuangan tidak melulu tentang uang dan kartu, namun juga mengenai dokumen penting. Bayangkan jika anda kehilangan uang dan dompet. Penyelamat anda adalah dokumen dan nomor telepon penting.

Anda butuh paspor untuk melapor ke petugas keamanan atau kedutaan negara asal, soal kehilangan uang yang anda alami. Jika ingin menelepon seseorang dalam keadaan darurat, anda juga butuh nomor telepon. Maka dari itu, jagalah kedua hal tersebut agar tetap aman dari kehilangan dan juga tangan-tangan jahil

4. Pastikan asuransi medis Anda bisa berfungsi di luar negeri

Asuransi kesehatan banyak menjamur di Indonesia. Namun saat ingin ke luar negeri, pastikan lagi apakah asuransi yang anda gunakan bisa berguna di negara tempat liburan anda. Jangan lupa untuk bertanya lebih detil mengenai penggunaan asuransi tersebut selama di luar negeri. 

Tak ada yang tahu apa yang bisa terjadi di hari esok, tapi tidak ada salahnya mempersiapkan diri dari sekarang. Tentu anda tak mau kan tiba-tiba sakit dan harus membayar biaya rumah sakit yang melangit di negeri orang?

5. Informasikan liburan Anda ke perusahaan kartu kredit terkait

Tak ada salahnya menginformasikan perjalanan liburan anda ke perusahaan kartu kredit yang anda gunakan. Ada beberapa perusahaan yang memiliki tingkat keamanan yang cukup tinggi sehingga bisa saja transaksi anda dipersulit atau bahkan gagal saat di luar negeri. 

Dengan adanya konfirmasi kepergian anda, perusahaan tersebut bisa memudahkan akses saat berlibur nanti. Selain itu, konfirmasi ini bisa berguna jika anda ingin menaikkan batas maksimum penggunaan kartu.

Jangan sampai ketinggalan info terbaru! Yuk berlangganan via Email

Sebelumnya
Newer Post
Selanjutnya
Older Post