Android sekarang ada versi terbarunya! Perkenalkan, Android Versi 4.1 yang diberi nama Jelly Bean pada hari Kamis (28 Juni 2012) dirilis oleh Google pada Google I/O Conference 2012 di San Fransisco.
"Tahun lalu kami meluncurkan Android ketika pengguna Android mencapai 100 juta. Hari ini kami meluncurkan Android ketika pengguna mencapai 400 juta," kata Direktur Pengembangan Produk Android Hugo Barra.
"Tahun lalu 400 ribu Android baru diaktifkan setiap hari. Sekarang, 1 juta Android baru diaktifkan setiap hari," tambah dia seperti dilansir Techradar.
Lalu, seperti apakah fitur – fitur yang terkandung di versi terbaru Android ini? Berikut DogFirefly akan mendeskripsikannya satu per satu :

  • Fitur Google Now, yakni fitur yang mirip dengan ditur Siri milik Apple. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk bertanya mengenai perjalanan, jadwal penerbangan, cuaca atau reminder yang telah anda buat.
  • Google juga meningkatkan response Android 4.1 Jelly Bean dengan cara menaikan kecepatan prosesor pada kecepatan penuh ketika sentuhan dilayar terdeteksi.
  • Project Butter, yaitu sebuah proyek untuk meningkatkan kinerja grafis agar menghasilkan animasi, perpindahan menu dan tampilan yang lebih halus, meningkatkan kemampuan Vsync (vertikal sinkronisasi) dengan 60 frame per second (fps), triple buffering, dan layar sentuh yang lebih responsif, dan mereka mengklaim peningkatan ini akan meningkatkan pengalaman pengguna.
  • Fitur Google Beam. Fitur  ini memungkinkan pengguna untuk berbagi foto dan video hanya dengan menekan ponsel secara bersama-sama. Android 4.1 Jelly Bean juga memiliki kemampuan untuk mengkombinasikan NFC dengan Bluetooth.
  • Masalah input teks juga mendapat perhatian dari Google dengan meningkatkan dukungan input untuk bahasa arab dan ibrani serta menambah dukungan bahasa baru seperti Persia, Hindi dan Thailand.
  • Keyboard Jelly Bean juga menawarkan "Offline Voice Typing". Sebelumnya pengguna harus terkoneksi ke Internet untuk mendapatkan fasilitas ini. Aplikasi terbaru kamera Jelly Bean akan segera dirilis pertengahan Juli ini dan software development kit (SDK) sudah bisa diakses di developer.android.com.
  • Jika dulu menempatkan widgets dan ikon hal yang rumit. Sekarang dengan Jelly Bean,  ada ruang tersendiri bagi widget. Pada sesi demo, Jelly Bean mampu memperkecil widget agar bisa pas di home screen. "Orang menghabiskan banyak waktu di home screen dengan Android," kata Barra. Jelly Bean memberikan peningkatan pengalaman ketika berinteraksi dan mengotak-atik home screen. Widgets selalu menjadi ciri khas dari Android dan sekarang dengan Jelly Bean manipulasi dan mengotak-atik widget lebih mengesankan.

Tablet Google Nexus 7 yang juga diluncurkan di ajang Google I/O Conference akan menjadi perangkat pertama yang menggunakan sistem operasi terbaru Android 4.1 Jelly Bean.
Berikut DogFirefly juga menampilkan cuplikan preview dari Android 4.1 Jelly Bean :





sumber
sumber1
sumber2
dengan beberapa editan

Jangan sampai ketinggalan info terbaru! Yuk berlangganan via Email

Sebelumnya
Newer Post
Selanjutnya
Older Post