Biasanya, gurun itu terkenal akan pasirnya. Tapi, kok ada ya gurun garam? penasaran? berikut berita dan beberapa foto yang dogfirefly berikan untuk anda.

Salar de Uyuni atau Salar de Tunupa merupakan dataran garam atau gurun garam terluas di dunia. Salar de Uyuni terletak di wilayah Potosi dan Oruro, Bolivia bagian tenggara, dekat puncak pegunungan Andes, pada ketinggian 3650 meter di atas permukaan laut.

Sekitar 40.000 tahun yang lalu,tempat ini merupakan bagian dari Danau Michin, danau besar pada masa prasejarah. Ketika mengering, terdapat 2 danau yang tersisa, yakni Danau Poopo dan Uru Uru, serta 2 gurun garam terbesar, Salar de Coipasa dan Salar de Uyuni.

Diperkirakan, Salar de Uyuni mengandung 10 miliar ton garam, dan menghasilkan kurang dari sekitar 25.000 ton garam tiap tahun. Salar adalah dataran garam dalam bahasa Spanyol. Uyuni berasal dari bahasa Aymara dan berarti pena (kandang).

Jadi Salar de Uyuni dapat diterjemahkan sebagai Kandang dataran garam. Setiap bulan November, Salar de Uyuni menjadi daerah hunian bagi 3 spesies burung flamingo di Amerika Selatan: burung flamingo chili, andes, dan James.

Salar de Uyuni adalah daerah tujuan wisata terkenal. Salar de Uyuni menarik wisatawan dari seluruh dunia karena keunikannya. Karena terletak jauh dari kota, sejumlah hotel telah dibangun di daerah Salar de Uyuni dan uniknya, banyak dari hotel-hotel tersebut yang hampir seluruhnya (dinding, atap, furnitur) dibangun dengan blok garam dari Salar.







Jangan sampai ketinggalan info terbaru! Yuk berlangganan via Email

Sebelumnya
Newer Post
Selanjutnya
Older Post