Sebuah kaleng yang diyakini berisi obat mata ditemukan oleh para peneliti. Penemuan ini bisa dibilang heboh karena kaleng tersebut berasal dari zaman Romawi Kuno.

Seperti yang dilansir oleh CBS (8/1), para peneliti menemukan sebuah obat yang diindikasikan digunakan oleh orang Romawi Kuno untuk mengobati mereka. Di dalam kaleng tersebut terdapat enam buah tablet berwarna abu-abu yang semuanya berdiameter 4 cm.

Setelah dianalisa, tablet tersebut terbuat dari campuran antara 80 persen bahan anorganik dan 20 persen bahan organik. Adapun bahan pembentuknya adalah zinc sebanyak 75 persen dipadu dengan pati resin, pinus, lilin lebah dan campuran lemak hewani dan nabati. Diyakini juga ada campuran minyak zaitun di dalamnya.

Penggunaan material tersebut sendiri sebenarnya sudah jamak diaplikasikan oleh orang-orang Romawi Kuno pada zamannya. Seperti zinc misalnya, pada tulisan-tulisan Gaius Plinius Secundus, ahli botani Romawi Kuno, mengatakan bahwa material itu bisa digunakan untuk merawat mata dan kulit.

Kaleng berisi tablet tersebut pertama kali ditemukan dalam sebuah bangkai kapal di Teluk Baratti, Italia. Kapal bernama Relitto del Pozzino ini diyakini berasal dari tahun 140 Sebelum Masehi.

Jangan sampai ketinggalan info terbaru! Yuk berlangganan via Email

Sebelumnya
Newer Post
Selanjutnya
Older Post